Thursday, March 3, 2011

seputar hari valentine 1

bismillahirrahmaanirrahim
assalamu'alaikum wr.wb

insya allah pada kesempatan kali ini, blog kita An-nisa akan sedikit membahas mengenai "pinky moments" atau yang secara umum lebih dikenal dengan valentine day.

pada zaman modern ini, istilah " valentine day" nampaknya menjadi suatu hal yang sudah tidak aneh lagi. bahkan banyak remaja yang menganggap bahwa valentine day merupakan hariyang tidak boleh dilewatkan ( alias harus dirayakan-.- ).

di negara Indonesia tercinta ini, ternyata tidak sedikit yang menganggap bahwa "valentine Day" itu adalah hari kasih sayang. ini merupakan salah satu hal yang amat memprihatinkan, padahal seperti yang antunna tau, didalam islam, kasih sayang itu harus ada disetiap waktu bukan ? (maksudnya, kasih sayang terhadap sesama saudara muslim lho.. hehe)

nah, supaya kita tidak salah kaprah lagi, kita coba telusuri yuk, bagaimana sebenarya sejarah dari valentine day itu sendiri.

-jendela info An-nisa


Yakin deh. Valentine bukan tradisi islam, bukan juga tradisi dalam negeri yang harus di jaga. Nggak percaya ? Lihat sejarahnya ,yuk?
1. Asosiasi pertenganhan bulan februari dengan cinta dan kesuburan sudah ada sejak dulu. Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertenganhan januari dan pertengahan februari adalah bulan yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera.

2. Di Roma kuno, 15 februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah peraya-an dewa kesuburan, yang dilambangkan setengan telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai bagian dari ritual penyucian, para pendeta Lupercus menyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari dijejalanan kota Roma sembari membawa potongan kulit domba dan menyentuh siapapun yang mereka jumpai. Terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karena percaya bahwa dengan itu mereka akan dikaruniai kesuburan dan bias melahirkan dengan mudah ( Na’uzubillah,, ini termasuk syirik friends!)

3. Hari Raya Gereja
Menurut Ensiklopedi Katolik(1908), nama Valentinus paling tidak bias merujuk tiga martir atau santo (orang suci )yang berbeda:
-Orang pastur di roma
-Seorang uskup Interamna (modern Terni)
-Seorang martir di provinsi Romawi Africa

Kaitan ketiga martir ini dengan hari raya cinta romantic tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius II . pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak diketahui mengenai martir-martir ini, namun hari 14 februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan Santo valentines. Santo Valentinus adalah seorang calon uskup Roma pada tahun 143. Dalam ajarannya , tempat tidur pelaminan memiliki tempat yang utama dalam versi cinta kasih Kristiani nya. Ada yang engatakan bahwa Paus Gelasius II sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.

4. Catatan pertama dihubungkan hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantic adalah pada abad ke 14 di Inggris dan Perancis, dimana dipercayai bahwa 14 februari adalah hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sang sastrawan Inggris Pertengahan ternama, Geoffrey Chaurce.

5. Pada abad pertengahan juga mulai beredar legenda –legenda tentang Santo Valentinus, al :
-Sore hari sebelum Santo Valentinus akan gugur sebagai martir (mati syuhada , -dalam bahasa mereka), ia menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya kepada sipir penjaranya yang teetulis “ Dari Valentinusmu”
-Ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh kaisar Claudius II, Santo Valentinus secara rahasia membantu menikahkan mereka.




Galz,
Sekarang kamu udah jadi generasi yang tahu, lho. Paham sejarah dan seluk beluk valentine. Harapan Nida, sih mudah-mudahan kita sama-sama mau berjalan denagn apa yang kamu tahu.
Let’s say.. um, NO MORE VALENTINE?!

No comments:

Post a Comment